IZHMI KHAIRUNI, - (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
|
Text
SKRIPSI IZHMI KHAIRUNI.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text
IZMI KHAIRUNI- BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
Abstract
ABSTRAK Izhmi Khairuni, (2024): Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self Regulated Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self regulated peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket self regulated, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 2) Terdapat pengaruh self regulated terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran problem posing dengan self regulated terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 4) Terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik dengan tingkat self regulated tinggi, sedang, rendah yang menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem Posing Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Regulated.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:32 | ||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:32 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84186 |
Actions (login required)
View Item |