Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED ON INTRODUCTION PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM SUNGAI SABAR DESA BEKAWAN KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Marzuki (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED ON INTRODUCTION PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM SUNGAI SABAR DESA BEKAWAN KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013246PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based on Introduction dalam meningkatkan kemampuan memahami cerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sei Sabar Desa Bekawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan memahami cerita variabel X, dan penggunaan model Pembelajaran Problem Based on Introduction variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 sampai dengan Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami cerita dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Instroduction pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sei Sabar Desa Bekawan Kecamatan Mandah. Sebelum tindakan rata-rata tingkat kemampuan membaca siswa 53,25%, pada siklus I pertemuan 1 kemampuan siswa rata-rata hanya 57,25% berkategori rendah, siklus I pertemuan 2 kemampuan siswa rata-rata hanya 65% berkategori rendah, sedangkan siklus kedua terjadi peningkatan. Siklus II pertemuan 1 kemampuan siswa rata-rata hanya 73,25% berkategori tinggi. Siklus II pertemuan 2 kemampuan siswa rata-rata hanya 83,25% berkategori sangat tinggi. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran pada pembelajaran memahami cerita mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pembelajaran Problem Based Instroduction dapat dikatakan berhasil, karena semua siswa sudah mencapai ketuntasan yaitu 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:19
Last Modified: 19 Oct 2016 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item