Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAJIAN ETNOSAINS TRADISI MALAMANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT)

RISNA AVRILLIA, - (2024) KAJIAN ETNOSAINS TRADISI MALAMANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tradisi Malamng, merekontruksi proses pembuatan lamang menganalisis konsep IPA yang terdapat dalam kearifan lokal dan menganalisis kelayakan proses tradisi Malamang di Kota Padang sebagai sumber belajar IPA. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan metode analisis kualitatif Milles meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tradisi Malamang merupakan kegiatan membuat lamang secara bersama-sama menggunakan bambu dan dimasak dengan cara dibakar menggunakan bara api. Proses tradisi Malamng meliputi klasifikasi alat dan bahan, proses pembuatan hingga selesai dapat dijelaskan dalam materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Zat dan Karakteristiknya, Suhu dan Kalor serta Pencemaran Lingkugan. Tradisi Malamang masuk dalam kategori sangat layak sebagai sumber belajar IPA dengan persentase indikator kemudahan 87%, indikator keamanan dan kesehatan 93%, indikator efesiensi aktu 100%. Pada indikator kelayakan dengan persentase 100%. Tradisi Malamang memiliki prinsip IPA dan layak digunakan sebagai sumber belajar IPAberbasis kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusilawati, -0627028401susilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:09
Last Modified: 30 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84099

Actions (login required)

View Item View Item