Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH DAMPAK KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI MADRASAH KAMPAR : STUDI KASUS

TESA ENJELLINA, - (2024) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH DAMPAK KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI MADRASAH KAMPAR : STUDI KASUS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah dampak kecanduan media sosial pada siswa 2) Faktor pendukung dan penghambat peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah dampak kecanduan media sosial pada siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru bimbingan dan konseling dan tiga orang siswa yang menjadi informan tambahan. Objek penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah dampak kecanduan media sosial pada siswa MTsN 1 Kampar. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah dampak kecanduan media sosial yaitu dapat dilakukan dengan membuat perencanaan program, memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi, memberikan pemahaman dalam mencegah dampak kecanduan media sosial melalui bimbingan klasikal, bimbingan kelompok ataupun layanan individual, memberikan informasi kepada siswa tentang dampak negatif media sosial melalui layanan informasi Dan melakukan konsultasi dalam menyelesaikann masalah siswa bersama kepala sekolah, wali kelas, guru bidang studi serta orang tua siswa. Adapun faktor pendukung dan penghambat nya yaitu: (1) Faktor pendukung yaitu, sarana dan prasarana, peraturan ketat yang ada di sekolah , waktu yang diberikan guru BK, kerjasama yang dilakukan dengan wali kelas dan dukungan orang tua. (2) Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri siswa, pengaruh teman sebaya, dan kurangnya kontrol orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitra Herlinda2014067101fitra.herlinda@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:11
Last Modified: 22 Aug 2024 05:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84093

Actions (login required)

View Item View Item