Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI 3D BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG MENTAL MODEL SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL

PUTRI AMALIA AZZAHRA, - (2024) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI 3D BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG MENTAL MODEL SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Amalia Azzahra, (2024): Efektivitas Pemanfatan Aplikasi 3D Berbasis Android Untuk Mendukung Model Mental Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Media Pembelajaran berbentuk android yang digunakan membutuhkan uji efektivitas untuk mengetahui keefektivitasannya dalam implementasi materi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran kimia 3D berbasis android pada materi bentuk molekul terhadap model mental siswa jika dibandingkan dengan media pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Hikmah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan desain penelitian The Explanatory Sequential Model. Sampel diambil berdasarkan teknik simple rendom sampling pada siswa kelas X MA Darul Hikmah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik two-tier didukung oleh wawancara. Data diolah menggunakan uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan model mental siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran aplikasi 3D berbasis android memilki 63% model mental utuh, 37% model mental alternatif sedangkan siswa pada kelas 22% model mental utuh, 78% model mental alternatif. Temuan penelitian juga menunjukkan uji hipotesis yang diperoleh yaitu sig. (2-tailed) = 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Serta berdasarkan uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain 72% sedangkan kelas kontrol menunjukkan kategori cukup efektif dengan N-Gain 60%. Hal ini menunjukkan diperlukannya pembaruan media dan pengayaan materi pada materi yang digunakan untuk membantu meningkatkan model mental siswa. Kata Kunci: Model Mental Siswa, Aplikasi 3D, Bentuk Molekul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYenni Kurniawati2012067401yenni.kurniawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:42
Last Modified: 13 Aug 2024 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84080

Actions (login required)

View Item View Item