LALA FITRI YANTI, - (2024) PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMAN 2 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAPKECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
Abstract
LALA FITRI YANTI(2024): PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMAN 2 RUMBIO JAYA Banyak siswa menganggap menulis cerpen adalah pembelajaran yang sulit. Mereka merasa kesulitan dalam menuangkan gagasan, pendapat, dan pengalamannya dalam sebuah kalimat dan menyusunnya dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis cerita pendek masih kurang menarik bagi siswa. Penyebab kurangnya menarik antara lain sebagian guru kurang memotivasi siswa, kurangnya akrab siswa dengan karya sastra, siswa tidak dapat menemukan ide sehingga kurang antusias dalam menulis sastra seperti menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek terhadap Penerapan Media Audio Visual Siswa kelas XI SMAN 2 Rumbio Jaya. Jenis peneitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui hasil penelitian tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek siswa yang di ajarkan menggunakan media audio visual adalah 84,88. Kedua, nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan model konvesional adalah 70,47. Ketiga, terdapat peningkatan penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (-7.634 > 1.745). Perbedaan nilai pada uji t menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari penggunaan media audio visual. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audiovisual, Cerita Pendek
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 400 Bahasa 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:29 | ||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:30 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84075 |
Actions (login required)
View Item |