Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMAN 2 RUMBIO JAYA

LALA FITRI YANTI, - (2024) PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMAN 2 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAPKECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

LALA FITRI YANTI(2024): PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMAN 2 RUMBIO JAYA Banyak siswa menganggap menulis cerpen adalah pembelajaran yang sulit. Mereka merasa kesulitan dalam menuangkan gagasan, pendapat, dan pengalamannya dalam sebuah kalimat dan menyusunnya dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis cerita pendek masih kurang menarik bagi siswa. Penyebab kurangnya menarik antara lain sebagian guru kurang memotivasi siswa, kurangnya akrab siswa dengan karya sastra, siswa tidak dapat menemukan ide sehingga kurang antusias dalam menulis sastra seperti menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek terhadap Penerapan Media Audio Visual Siswa kelas XI SMAN 2 Rumbio Jaya. Jenis peneitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui hasil penelitian tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek siswa yang di ajarkan menggunakan media audio visual adalah 84,88. Kedua, nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan model konvesional adalah 70,47. Ketiga, terdapat peningkatan penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (-7.634 > 1.745). Perbedaan nilai pada uji t menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari penggunaan media audio visual. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audiovisual, Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMurny2006096601Murny@uin-suska.ac.id
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:29
Last Modified: 13 Aug 2024 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84075

Actions (login required)

View Item View Item