Rosi Aprianti (2013) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013938PIPS-E.pdf Download (547kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu motivasi (variabel bebas/independen atau variabel X) dan aktivitas belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh motivasi terhadap aktivitas belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI program IPS di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang berjumlah 187 orang. Sedangkan sampelnya adalah 65 orang siswa yang diambil berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin yaitu dengan batas kesalahan 10% sehingga sampelnya yang didapat adalah 65 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat lunak komputer melalui program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 19.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis bahwa nilai r hitung sebesar 0,826 lebih besar dari pada nilai r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,250 dan taraf signifikan 1%, yaitu 0,325. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun besar pengaruh motivasi terhadap aktivitas belajar siswa di kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru adalah sebesar 68,3%. Hal tersebut dibuktikan dari nilai koefisien korelasi (r) 0,826 dan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,683. Melihat kepada persamaan regresi Ý = 7,284 + 0,842X, menunjukkan bahwa setiap ada penambahan nilai motivasi sebanyak 1 maka akan menaikkan nilai dari aktivitas belajar siswa sebesar 0,842.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8400 |
Actions (login required)
View Item |