Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI BUDAYA AKADEMIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI SE-KOTA DUMAI

WINDAYANI, - (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI BUDAYA AKADEMIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI SE-KOTA DUMAI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI WINDAYANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Windayani 2024 : Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komunikasi Interpersonal Melalui Budaya Akademik Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Di Pergurua Tinggi Se- Kota Dumai Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keceerdasan emosional dan komunikasi interpersonal melalui budaya akademik terhadap perilaku belajar mahasiswa di perguruan tinggi se-kota dumai. Meletakkan posisi kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal dan budaya akademik dalam meprediksi perilaku belajar mahasiswa. Merupakan salah satu pendekatan dalam menelusuri masalah perilaku belajar mahasiswa yang boleh dikatakan masih rendah di perguruan tinggi se-kota dumai. Penelitian ini dilakukan di Perguruan Tinggi Se- Kota Dumai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kausal. Populasi sebanyak 2.148 orang mahasiswa.Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa, yang dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 450 orang mahasiswa. Berdasarkan temuannya penelitian ini dapat disimpulkan: (a) Kecerdasan emosional secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Se-Kota Dumai; (b) Komunikasi interpersonal secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Se-Kota Dumai; (c) Budaya akademik secara langsung berpengaruh positif terhadap perilaku belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Se- Kota Dumai; (d) Kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal dan budaya akademik secara serentak berpengaruh terhadap perilaku belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Se-Kota Dumai. Implikasi dari penelitian ini adalah budaya akademik sebagai mediator yaitu budaya akademik berfungsi sebagi konteks memediasi bagaimana kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa. Interaksi nilai dan praktik yaitu penelitian ini menganalisis bagaimana nilai-nilai budaya akademik di Dumai berinteraksi dengan kecerdasan emosional dan pola komunikasi untuk mempengaruhi motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Dampak pada perilaku belajar yaitu setiap perguruan tinggi wajib meningkatkan budaya menulis karya ilmiah bagi mahasiswa yang ada diperguruan tinggi se-kota dumai. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal, Budaya Akademik Perilaku Belajar.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHAIRUNAS, -2028087201khairunnasrajab@gmail.com
Thesis advisorKHAIRIL ANWAR, -2013077402eying74@yahoo.com
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jul 2024 23:49
Last Modified: 29 Jul 2024 23:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83903

Actions (login required)

View Item View Item