Riko Pardinal (2013) STUDI TENTANG MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PLUS BINABANGSA SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013633PIPS-E.pdf Download (356kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Plus Bina Bangsa Sukajadi Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Plus Bina Bangsa Sukajadi Pekanbaru. Objek penelitiannya adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Plus Bina Bangsa Sukajadi Pekanbaru yang berjumlah 15 orang. Penulis tidak menarik sampel, karena populasinya hanya berjumlah 15 orang dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Plus Bina Bangsa Sukajadi Pekanbaru secara keseluruhan dikategorikan “Tinggi” dengan persentase sebesar 71,69% yang berada pada rentang 61%-80%. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Plus Bina Bangsa Sukajadi Pekanbaru tergambar dari indikator sebagai berikut: Siswa mau bertanya tentang materi pelajaran yang tidak dipahaminya; siswa mau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru kepadanya; siswa berani mengeluarkan ide ide yang berkenaan dengan materi pelajaran yang dibahas; siswa mengikuti proses pembelajaran sampai selesai; siswa mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya; siswa memperhatikan penjelasan gurunya dengan baik; siswa membawa buku-buku pelajaran yang berhubungan dengan materi yang dibahas; siswa berani menyatakan pendapatnya yang berbeda dari temannya; siswa memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari temannya; siswa bisa menyelesaikan tugas-tugas belajarnya secara mandiri (tidak mencontek); siswa tidak mengeluh ketika diberikan PR oleh gurunya; siswa tidak cepat bosan dalam belajar dan siswa rajin untuk mengulang kembali pelajarannya di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 02:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 02:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8385 |
Actions (login required)
View Item |