M. RIDUAN, - (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QURAN DAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN SISWA MA DARUSSALAM BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Riduan (2024): Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Quran Dan Pemahaman Keagamaan Siswa MA Darussalam Bengkalis. Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa temuan peran Guru dalam meningkatkan minat Baca Al-Qur‟an dan Kurangnya Pemahaman keagamaan Siswa MA Darussalam di Bengkalis. Rumusan masalah penelitian yang diajukan adalah: (1)Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur‟an siswa Kelas XI MA Darussalam Kabupaten Bengkalis ? (2) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Pemahaman keagamaan siswa kelas XI MA Darussalam Kabupaten Bengkalis ? (3) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam menigkatkan minat baca Al-Qur‟an siswa kelas XI MA Darussalam Kabupaten Bengkalis? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di laksanakan di MA Darussalam Bengkalis Sumber data di ambil dari Guru dua orang anak murid yang mengimplentasikan peran Guru meningkatkan minat baca Al-Qur‟an dan pemahamaan keagamaan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi hasil penelitian ini menunjukan peran Guru dalam meningkatkan minat baca Al-Qur‟an dan pemahaman keagamaan siswa MA Darussalam Bengkalis. Program Tahfidz ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada pesertadidik untuk memperoleh kemampuan hafalan Al-Qur‟an minimal 3 (tiga) juz selama 3 (tiga) tahun peserta didik menimba ilmu di MA Darussalam Bengkalis, Saya selaku Guru Pendidikan Agama Islam di MA Darussalam. Pada tahapan awal sebelum proses pembelajaran di mulai melakukan absen dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajarari. Setelah itu masuk ke dalam kegiatan pembelajaran inti. Dalam proses pembelajaran mengenai bacaan Al-Qur‟an sesuai dengan tajwidnya, Maka dari itu, siswa di MA Darussalam ini diajarkan mulai dari perbaikan makharijul huruf, safatul huruf serta ilmu tajwid seperti izhar, idghom, qolqolah, iqlab serta mim sukun, dan pembelajaran materi tentang mad-mad. Siswa-siswa diharuskan mencatat agar mudah dipahami dan dipelajari. Kemudian meningkatkan ke pememahaman keagamaan dan kewajiban yang harus mereka kerjakan sesuai arahan dan ajaran yang kami berikan di sekolah. Bahkan penguatan pemahaman keagamaan ini terus dibina dengan program-program keagamaan yang luar biasa, seperti, rohis, muta‟alim syarhil dan kegiatan-kegiatan positif yang bersifat keagamaan. Saya selaku Guru Pendidikan Agama Islam di MA Darussalam. Pada tahapan awal sebelum proses pembelajaran dimulai melakukan absen dan menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari Setelah itu masuk ke dalam kegiatan pembelajaran inti. Dalam proses pembelajaran mengenai bacaan Al-Qur‟an sesuai dengan tajwidnya KataKunci: Peran Guru, Minat Baca Al-Qur‟an, Pemahaman Keagamaan
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83811 |
Actions (login required)
View Item |