Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERINTEGRASI AYAT AL-QURÁN DAN SIMULAI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

MELISA, - (2024) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERINTEGRASI AYAT AL-QURÁN DAN SIMULAI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran discovery learning berbantuan e-modul terintegrasi ayat al-qurán dan simulasi virtual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Quasi eksperimental dengan nonequivalent Pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N 2 Pekanbaru yang keseluruhannya berjumlah 144 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VII.3 berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan discovery learning berbantuan e-modul terintegrasi ayat al-qurán dan simulasi virtual dan kelas VII.4 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data melalui soal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Data hasil Posttest keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS versi 23 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemudia uji N-gain pada kelas eksperimen dengan hasil sebesar 0,51 pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan discovery learning berbantuan e-modul terintegrasi ayat alqurán dan simulasi virtual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik pada materi bumi dan tata surya kelas VII MTs N 2 Pekanbaru. Kata Kunci: Discovery Learning , Simulasi Virtual, Keterampilan Berpikir Kritis, Bumi dan Tata Surya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIKI DIAN PERMANA, -2395847943nikidianpermanaP@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:32
Last Modified: 29 Jul 2024 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83806

Actions (login required)

View Item View Item