Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP/MTS BERBASIS PROBLEM SOLVING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

MUCHLISAWATI, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP/MTS BERBASIS PROBLEM SOLVING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUCHLISAWATI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muchlisawati (2024): Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTS Berbasis Problem Solving Bermuatan Etnosains Pada materi Ekologi dan Kenekaragaman Hayati Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul IPA SMP/MTs berbasis Problem Solving bermuatan etnosains yang teruji validitas, praktikalitas,dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development dengan model pengembangan Borg and gall dengan 10 tahapan yaitu 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary of product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field test, 7) operational product revision, 8) operational field testing, 9) final product revision, dan 10) dissemination and implementation. research information collecting, planning, develop preliminary of product, preliminary fieddtasting, ,main product revisions. Tahapan penelitian yang dilakukan sampai tahapan kelima yaitu main product revision karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan angket validitas, praktikalitas, dan respon peserta didik. Dengan hasil validitas dari ahli bahan ajar 97%, ahli materi 88%, ahli bahasa 85%, dengan nilai rata rata keseluruhan 85% maka hasil validitas dari produk yang dikembangkan adalah Sangat Valid. Produk dinyatakan Sangat Praktis dengan penilaian praktikalitas oleh guru dengan nilai 85% dan dari respon peserta didik dinyatakan Sangat Baik dengan nilai 89 %. Maka dapat disimpulkan E-modul berbasis problem solving bermuatan etnosains pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan mendapatkan respon sangat baik dari siswa. Kata kunci : e-modul IPA, Problem Solving, Etnosains, ekologi dan Keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUSILAWATI, --susilawati@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:27
Last Modified: 29 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83802

Actions (login required)

View Item View Item