Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Socrates berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPAS di kelas VI MI Aulia Cendikia Pekanbaru.

Sartinah,, - (2024) Penerapan Metode Socrates berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPAS di kelas VI MI Aulia Cendikia Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sartinah, (202): Penerapan Metode Socrates berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPAS di kelas VI MI Aulia Cendikia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial melalui metode Socrates berbantuan media audio visual di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Aulia Cendikia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 27 orang siswa, dan objeknya adalah metode Socrates berbantuan media audio visual dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Socrates berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa hanya mencapai angka 49,1 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 63,9 walaupun masih berada pada kategori kurang. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-ratanya kembali meningkat hingga mencapai angka 75,3 dan sudah berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Socrates berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial melalui metode Socrates berbantuan media audio visual di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Aulia Cendikia Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Socrates Berbantuan Media Audio Visual, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUBHAN, -2017107301subhan.alhazmi73@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 04:24
Last Modified: 27 Jul 2024 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83758

Actions (login required)

View Item View Item