Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KAIDAH AL-’ADATU MUHAKKAMAH PADA TRADISI BARZANJI DALAM ADAT PERNIKAHAN DI KELURAHAN TANJUNGBATU KOTA KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN

ROJALY NASUTION, - (2024) IMPLEMENTASI KAIDAH AL-’ADATU MUHAKKAMAH PADA TRADISI BARZANJI DALAM ADAT PERNIKAHAN DI KELURAHAN TANJUNGBATU KOTA KECAMATAN KUNDUR KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROJALY NASUTION.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rojaly Nasution, (2024): Implementasi Kaidah Al-’Adatu Muhakkamah pada Tradisi Barzanji dalam Adat Pernikahan di Kelurahan Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah tradisi dalam adat pernikahan masyarakat Kelurahan Tanjungbatu Kota yang menjadi sebuah prosesi yang cukup sakral, yaitu pembacaan kitab al-Barzanji yang dilakukan dalam satu rangkaian prosesi adat pernikahan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tradisi barzanji dalam adat pernikahan masyarakat Kelurahan Tanjungbatu Kota serta bagaimana tinjauan kaidah al-„adatu muhakkamah dalam menyeleksi apakah tradisi tersebut bisa diterima dan diimplementasikan dalam sudut pandang Islam. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kelurahan Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta studi pustaka. Sumber data primer berasal dari tokoh adat, tokoh agama, imam setempat dan masyarakat yang melakukan tradisi barzanji. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku-buku penunjang, jurnal, artikel dan website serta dokumentasi terkait pelaksanaan ritual barzanji. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hukum sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi barzanji dalam adat pernikahan masyarakat Kelurahan Tanjungbatu Kota masih dilakukan hingga saat ini. Tradisi ini dilakukan secara beramai-ramai untuk membacakan kitab al- Barzanji. Diawali dari pembacaan rawi pertama hingga rawi ketiga setengah dan dilanjutkan dengan tradisi tepuk tepung tawar yang di dalamnya diselingi pembacaan srakalan/marhaban. Setelahnya dilanjutkan pada sisa rawi ketiga hingga rawi keenam dan diakhiri dengan pembacaan do‟a. Ditinjau dari kaidah al- „adatu muhakkamah, maka tradisi ini hukumnya mubah dikarenakan telah terpenuhinya syarat-syarat atas suatu „adah/‟urf agar bisa dikategorikan boleh untuk dilaksanakan, yaitu: 1) Tradisi ini berlaku umum, 2) Sudah berlangsung sejak lama dan diterima oleh akal sebagai tradisi yang baik, 3) Tidak bertentangan dengan nash syar‟i, serta 4) Mendatangkan mashlahat bagi para pelakunya. Berdasarkan kriteria tersebut, maka penulis berkesimpulan bahwa tradisi barzanji dalam adat pernikahan masyarakat Kelurahan Tanjungbatu Kota termasuk ke dalam „adah/‟urf shahih dengan status mubah. Kata Kunci : Tradisi, Barzanji, Al-„Adatu Muhakkamah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAHMAD MAS'ARI, -2019068401ahmad.mas'ari@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSUHAYIB, -2031126301suhayib@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2024 04:32
Last Modified: 27 Jul 2024 04:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83723

Actions (login required)

View Item View Item