MARISA HANNUM HARAHAP, - (2024) RELEVANSI SIKAP WARA’ MENUNTUT ILMU DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM MENURUT SYEKH AZ ZARNUJI DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK GENERASI MILENIAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS MARISA HANNUM HARAHAP.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Marisa Hannum Harahap, (2024): Relevasi Sikaf Wara’ Menuntut Ilmu dalam Kitab Ta’lim Muta’alim menurut Syekh Az Zarnuji dengan Sikap Peserta Didik Generasi Milenial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi Sikaf Wara’ Menuntut Ilmu dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Menurut Az Zarnuji dengan Sikap Peserta Didik Generasi Milenial. Pendidikan Islam memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik berdasarkan nilai-nilai Islam. Penelitian ini mengeksplorasi relevansi sikap wara’ dalam menuntut ilmu seperti yang dijelaskan oleh Az-Zarnuji dalam kitabnya Ta’lim Muta’alim, dengan sikap peserta didik masa kini. Sikap wara’ yang mencakup kehati-hatian dalam membedakan halal dan haram dianggap sebagai prinsip penting yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barakah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mengkaji teks-teks klasik dan melakukan survei sikap peserta didik saat ini. penelitian kepustakaan atau (library research). Yakni penelitian yang bersumber dari hasil pengumpulan data kepustakaan karena yang dijadikan objek kajian adalah pemikiran Syaikh Az-Zarnuji tentang bersikap wara’ ketika menuntut ilmu dalam karya nya Ta’limul Muta’allim. Oleh karena itu, data-data yang diperlukan ialah data tekstual, yaitu buku-buku tentang sikap peserta didik yang ada dalam kitab dan buku tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara menggali informasi dari sumber-sumber kepustakaan, sumber-sumber data yang telah terkumpul, baik primer maupun skunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analisis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan dalam sikap wara’ di kalangan peserta didik generasi milenial, dan diperlukan strategi pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai tradisional ini dengan konteks pendidikan kontemporer. Kata Kunci: Relevansi, Sikap Wara’, Ta’lim Muta’alim, Sikap Peserta Didik generasi milenial
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 03:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 03:14 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83692 |
Actions (login required)
View Item |