Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI SMP NEGERI 19 PEKANBARU DAN SMP NEGERI 3 PEKANBARU

MUHAMMAD HAFIS, - (2024) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI SMP NEGERI 19 PEKANBARU DAN SMP NEGERI 3 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MUHAMMAD HAFIS.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Hafis, (2024): Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran PAI Siswa SMP Negeri 19 Pekanbaru Dan SMP Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan kelas yang tanpa menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kelas VII SMPN 19 dan SMPN 3 Pekanbaru, (2) untuk mengetahui efektif model Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMPN 19 dan SMPN 3 Pekanbaru. dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Kemampuan Komunikasi siswa melalui motivasi belajar kelas VII SMPN 19 dan SMPN 3 Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini terbagi kedalam 4 kelas kemudian dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument yang digunakan berupa angket pada motivasi belajar atas pretest dan posttest. Dan observasi pada kemampuan komunikasi terbagi atas pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan Uji T diperoleh bahwa nilai signifikan (2-Tailed) pada SMPN 19 dan SMPN 3 sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Ha diterima H0 ditolak. Selanjutnya, hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa motivasi belajar SMPN 19 diperoleh d=0,023 dikategorikan efek sedang, sedangkan kemampuan komunikasi diperoleh d=0,036 dikategorikan efek sedang. Untuk motivasi belajar SMPN 3 diperoleh d=0,025 dikategorikan efek sedang, sedangkan kemampuan komunikasi diperoleh d=0,025 dikategorikan efek sedang. Selanjutnya secara tidak langsung Metode think pair share melalui motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa SMPN 19 Pekanbaru dengan nilai pengaruh langsung 0,108 dan pengaruh tidak langsung 0,660. Kemudian secara tidak langsung Metode think pair share melalui motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa SMPN 3 Pekanbaru dengan nilai pengaruh langsung 0,188 dan pengaruh tidak langsung 0,268. Kata kunci: Model Think Pair Share (TPS), Motivasi belajar, Kemampuan komunikasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalmaini Yeli, -2001066901UNSPECIFIED
Thesis advisorIDRIS, -2004057601idris@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:29
Last Modified: 27 Jul 2024 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83688

Actions (login required)

View Item View Item