REGITA CAHYANI ARDIANTI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
REGITA CAHYANI ARDIANTI (2024) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 PEKANBARU Penelitian ini bertunjuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think, Pair and Share berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis materi teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain postest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru yang berjumlah 306 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes unjuk kerja. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t-test (independent sampel t-test). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan dua hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita fantasi pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata 73 dengan kualifikasi lebih dari cukup dan menulis teks cerita fantasi pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 79,91 dengan kualifikasi baik. Kedua, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think, pair and share (TPS) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena nilai thitung > ttabel (2,305 > 1,671). Perbedaan nilai pada uji-t menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran pembelajaran think, pair and share (TPS) berbantuan media gambar. Kata kunci : Model Pembelajaran, Think,Pair and share, cerita fantasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:05 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:05 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83644 |
Actions (login required)
View Item |