Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMBIMBING AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA DI PANTI ASUHAN AR-RAHIM PEKANBARU

Siti Rohana Ritonga, - (2024) PERAN PEMBIMBING AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA DI PANTI ASUHAN AR-RAHIM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya remaja di Panti Asuhan yang mengalami permasalahan. Beberapa remaja belum bisa menerima kegiatan bimbingan agama dengan baik dan masih kurangnya pemahaman ajaran agama pada diri remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peran Pembimbing Agama Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Di Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Remaja di Panti Asuhan Ar-Rahim. Berdasarkan penelitian ini, peran pembimbing agama adalah sebagai motivator, sebagai penunjang pelaksana kegiatan, dan sebagai pengganti orang tua. Metode yang digunakan oleh pembimbing agama yaitu metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Dan hasil dari pembinaan akhlak oleh pembimbing agama adalah remaja memiliki keterampilan dalam bidang keagamaan, remaja memiliki kesadaran diri untuk beribadah tanpa paksaan dan remaja dapat memiliki akhlak yang baik sesuai dengan tujuan pembimbing agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorROSMITA2029047202rosmita@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembimbing Agama, Pembinaan Akhlak
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158 Psikologi Terapan > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:00
Last Modified: 27 Jul 2024 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83625

Actions (login required)

View Item View Item