Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKUNTABILITAS PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DD) DI DESA TITIAN RESAK KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

YOGA PRATAMA, - (2024) AKUNTABILITAS PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DD) DI DESA TITIAN RESAK KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA HASIL YOGA PRATAMA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V HASIL & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Salah satu program Pemerintah Pusat yang kewenangannya diberikan kepada Desa adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang selanjutnya disingkat BLT-Dana Desa. BLT-Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin yang bersumber dari dana desa. Permasalahan yang dihadapi, yaitu penyaluran yang belum tepat sasaran, rendahnya keterbukaan dan transparansi, dapat dilihat juga kurangnya partisipasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pelaksanaan Program BLT-Dana Desa dan hambatanhambatan dalam proses akuntabilitas pelaksanaan Program BLT-Dana Desa Di Desa Titian Resak Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas Pelaksanaan Program BLT-Dana Desa di Desa Titian Resak belum berjalan dengan optimal hal ini dilihat dari masih rendahnya keterbukaan dan transparansi, serta belum tepat sasaran dalam penyaluran bantuan langsung tunai dana desa. Untuk memastikan akuntabilitas, diperlukan kepatuhan terhadap hukum dan regulasi yang berlaku, transparansi pengelolaan dan penetapan pemilihan bantuan secara objektif, konsistensi prosedur, pelayanan publik responsif, serta pengawasan dan evaluasi yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRONY JAYA2024039001rony.jaya@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:54
Last Modified: 27 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83619

Actions (login required)

View Item View Item