Hermawati (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MANDAH KECAMATAN MANDAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013219PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mandah Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar IPS siswa variabel X, dan penggunaan media gambar variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 42% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa tetap 42% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 53% dengan klasifikasi rendah. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 67% dengan klasifikasi sedang. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 89% dengan klasifikasi tinggi pada siklus II pertemuan kedua dengan klasifikasi tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penerapan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mandah Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kelemahan-kelemahan melalui penerapan media gambar pada silkus I tersebut setelah diperbaiki pada siklus II telah mencapai tingkat tinggi. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus II tersebut, hasil belajar siswa mencapai kriteria tinggi, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 89%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 03:52 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 03:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8361 |
Actions (login required)
View Item |