Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

HELNA LARAHIM, - (2024) PERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan model pembelajaran pada proses belajar mengajar dikelas demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan model pembelajaran Contextual Teacher Learning (CTL) pada pembelajaran kimia di wilayah Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di 3 (tiga) Sekolah Menengah Atas Negeri di wilayah Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari guru kimia SMAN 4 Pekanbaru, guru kimia SMAN 12 Pekanbaru dan guru Kimia SMAN 15 Pekanbaru yang dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket persepsi guru terhadap model pembelajaran CTL dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi guru dalam pembelajaran kimia dengan menggunakan model contextual teacher and learning (CTL) dari tiga indikator yakni: indikator model pembelajaran CTL, indikator pelaksanaan CTL dan indikator media pembelajaran CTL secara berturut-turut memperoleh skor rata-rata 4.52, 4.25, dan 4.08 yang mana masuk ke dalam katagori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi guru-guru kimia di 3 (tiga) SMAN pekanbaru berada pada katagori baik dengan pencapaian skor keseluruhan senilai 4.28. Kata Kunci: Persepsi Guru, Model Pembelajaran CTL, Pembelajaran Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNeti Afrianis2023068701neti.afrianis@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:08
Last Modified: 26 Jul 2024 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83607

Actions (login required)

View Item View Item