Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA MATERI KOLOID

DIANA BALQIS, - (2024) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIANA BALQIS.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

ABSTRAK Diana Balqis (2024) : Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guide Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Koloid Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sains yang kurang mengembangkan sikap siswa untuk dapat menemukan fakta, mengembangkan ide, atau menerapkan teori dalam lingkungan belajar yang telah diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis KPS peserta didik melalui penerapan model pembelajaran POGIL pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa, digunakan observasi praktikum, soal tes yang berbentuk essay, dan wawancara siswa sebagai instrument pendukung. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berlokasi di MAN 3 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guide Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Koloid. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 37 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil observasi praktikum sebesar 82.20% rata-rata tes essay sebesar 78,00%, sehingga didapati hasil KPS siswa melalui model pembelajaran POGIL berada pada kategori sangat baik dengan persentase 81.42%. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan KPS siswa. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Process Oriented Guide Inquiry Learning (POGIL), Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYUNI FATISA, -2023067601yuni.fatisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:24
Last Modified: 27 Jul 2024 01:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83593

Actions (login required)

View Item View Item