DESI NORI SAHPUTRI, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCRATCH TERINTEGRASI ISLAM DALAM MENSTIMULASI COMPUTATIONAL THINKING DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI RUMBAI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
TESIS TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TESIS BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis scratch terintegrasi Islam dalam menstimulasi computational thinking dan science literacy yang memenuhi kriteria dan kelayakan pengembangan sebuah bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model yang digunakan adalah moden Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate (ADDIE). Cara menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan randomly sampling, yaitu siswa kelas V SD IT Al-Birru dan SD IT Luhuring Budi di Kecamatan Rumbai. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Berdasarkan uji validitas, E-Modul berbasis Scratch terintegrasi Islam dalam menstimulasi computational thinking dan science literacy dinyatakan dalam kategori “Sangat Valid”. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa dinyatakan dalam kategori “Sangat Praktis”. Uji efektivitas yang dilihat dari NGain dinyatakan dalam kategori “Sangat Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Scratch terintegrasi Islam sangat valid (layak), sangat praktis, sangat efektif , dan dapat digunakan untuk bahan ajar dalam proses pembelajaran siswa
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83576 |
Actions (login required)
View Item |