Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

RISMA MAHARANI, - (2024) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

RISMA MAHARANI (2024) : IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA Kemampuan Berpikir Abstrak menjadi kemampuan yang dibutuhkan pada pembelajaran kimia dan perlu dioptimalkan kepada peserta didik dalam pembekalan salah satunya dalam menggunakan media Augmented Reality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk mendukung kemampuan berpikir abstrak siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di MAN 3 Pekanbaru dengan materi pokok Ikatan Kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mixed Method Research) yaitu menggabungkan antara jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian model Sequential Explanatory dimana sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dpilih berdasarkan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 sehingga menunjukkan ada perbedaanyang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata N-gain kemampuan berpikir abstrak kelas eksperimen 0,77 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,7 dengan kategori sedang. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan media pembelajaran sejenis pada materi` terkait untuk mendukung kemampuan berpikir abstrak peserta didik. Kata Kunci : Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Abstrak, Ikatan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYenni Kurniawati, -2012067401,kurniawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:43
Last Modified: 26 Jul 2024 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83565

Actions (login required)

View Item View Item