MARLINA RAHMAWATI, - (2024) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN KETERAMPLIAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN KHAIRUL UMMAH AIR MOLEK INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
TESIS MARLINA RAHMAWATI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Marlina Rahmawati,(2024) Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Keteramplian Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek Indragiri Hulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Kemampuan berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek Indragiri Hulu. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Efektif untuk Meningkatan Keterampian Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek Indragiri Hulu?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, dan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel siswa kelas XI A sebagai Kelas Eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI A dan kelas XI B Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah. Objek penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek Indragiri Hulu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek Indragiri Hulu. Karena nilai tobserved = 5.74 lebih besar dari ttabel = pada taraf signifikansi 1%= 1.69 dan taraf signifikansi 5% =2.03 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Pada tabel observasi memperoleh skor sebesar 95% yang berarti “sangat baik” karena berada pada rentang 81%-100%. Dengan kata lain Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Efektif untuk Meningkatan Keterampian Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek Indragiri Hulu. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 07:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83542 |
Actions (login required)
View Item |