Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENGAWASI KEBERSIHAN SUNGAI DARI SAMPAH DI SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PEMBINAAN, PENGAWASAN DAN PENINDAKAN KETERTIBAN UMUM DAN PENYAKIT MASYARAKAT

MICHEL OKTAFEMLA, - (2024) PERAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENGAWASI KEBERSIHAN SUNGAI DARI SAMPAH DI SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PEMBINAAN, PENGAWASAN DAN PENINDAKAN KETERTIBAN UMUM DAN PENYAKIT MASYARAKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MICHEL OKTAFEMLA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

ABSTRAK Michel Oktafemla, (2024): Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Mengawasi Kebersihan Sungai Dari Sampah Di Sungai Guntung Kecamatan Kateman Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pembinaan, Pengawasan Dan Penindakan Ketertiban Umum Dan Penyakit Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja merupakan perangkat daerah yang mempunyai peran dalam mengawasi kebersihan sungai dari sampah dengan melakukan pembinaan atau sosialisasi dan pengawasan. Pengawasan ini terjadi karena masyarakat membuang sampah di sungai. Usaha untuk menerapkan perilaku masyarakat dalam membuang sampah tentunya perlu mendapat dukungan kuat dari berbagai pihak, terutama masyarakat, dikarenakan jika mereka diberikan pemahaman yang baik tentang kesadaran hukum dan memfasilitasi pembuangan sampah maka meraka akan mentaati Peraturan Daerah tersebut. tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Mengawasi Kebersihan Sungai Dari Sampah di Sungai Guntung Kecamatan Kateman Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 11 Tahun 2016 dan apa saja hambatan Satuan Polisi Pamong Praja dalam mengawasi kebersihan sungai dari sampah di Sungai Guntung Kecamatan Kateman. Jenis metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu sosiologis hukum dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam mengawasi kebersihan sungai dari sampah belum berjalan dengan maksimal dikarenakan masih banyaknya terdapat masyarakat yang membuang sampah di sungai, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya anggaran dana, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan tidak adanya TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang disediakan oleh pemerintah di Sungai Guntung sehingga mengakibatkan masyarakat membuang sampah di sungai. Kata Kunci: Satuan Polisi Pamong Praja, Pengawasan, Sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPERI PIRMANSYAH2031108202Pirmansyahdr82@gmail.com
Thesis advisorMAHMUZAR2026047606Muzar244@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:05
Last Modified: 25 Jul 2024 05:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83536

Actions (login required)

View Item View Item