Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA

SITI NUR NAJMI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di MTs Al-Fajar Pekanbaru, guru masih berfokus pada model pembelajaran konvensional dengan diskusi dan ceramah sehingga peserta didik cenderung pasif dan bosan selama proses pembelajaran. Hal ini berimplikasi pada rendahnya kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melatih kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi Sistem Tata Surya. Metode Penletian yang menggunakan penelitian Quasy Experiment Non- Equivalent Control Group dengan design yaitu melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Al-Fajar Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui soal tes essay berdasarkan indikator Toulmin yang sudah divalidasi oleh validator. Data tes dianalisis menggunakan nilai signifikansi 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran koopertatif tipe Team Games Tournament (TGT). Kata Kunci: Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT), Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik, Sistem Tata Surya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIKI DIAN PERMANA P2031038803niki.dian.permana@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:12
Last Modified: 26 Jul 2024 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83519

Actions (login required)

View Item View Item