LENNI JUITA LUBIS, - (2024) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK CICIL EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU PANAM RAYA. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
LAPORAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
LAPORAN BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
BSI Cicil Emas adalah fasilitas pendanaan kepemilikan emas dengan pembayaran secara angsuran dan emas tersebut dijadikan sebagai jaminan yang diambil sesudah berakhirnya jangka waktu pendanaan. Produk ini memakai akad murabahah, memiliki jangka waktu pendanaan 1 hingga 5 tahun dalam bentuk batangan minimal 5gram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panam Raya dan mengetahui hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi pemasaran pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panam Raya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panam Raya. Informan penelitian ini adalah Branch Operation of Service Manager (BOSM) dan Pawning Sales Representative (PSR). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panam Raya menggunakan bauran promosi yaitu: Periklanan yang dilakukan dengan melakukan penyebaran informasi melalui spanduk, brosur, dan whatsapp blues. Hambatan-hambatan yang dihadapi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panam Raya dalam memasarkan produk Cicil Emas cukup beragam, yaitu Rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang cicil emas, Persaingan dengan produk serupa dari lembaga keuangan lain, Harga emas yang fluktuatif (kondisi yang tidak tetap), dan biaya yang tinggi. Namun, Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Panam Raya telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Laporan) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83447 |
Actions (login required)
View Item |