Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

GAMING DISORDER PERSPEKTIF HADIS DAN ILMU PSIKOLOGI

ANDIKA, - (2024) GAMING DISORDER PERSPEKTIF HADIS DAN ILMU PSIKOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELIITAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Gaming Disorder Perspektif Hadis dan Ilmu Psikologi” ini membahas tentang penggunaan game online di kalangan generasi muda. Ketertarikan generasi muda secara berlebihan terhadap game online akan menjadi sebuah habit yang dinilai kurang baik. Berbagai dampak dapat dengan mudah muncul akibat aktivitas bermain game online secara berlebihan, salah satunya adalah berpotensi mengalami kecanduan atau ketergantungan pada game yang dimainkan. Generasi muda yang mengalami kecanduan game online akan mengalami perubahan sikap dan mental. Terkhusus mereka akan melalaikan waktu, kesehatan, dan bahkan tanggung jawab di dalam kehidupan sehari-harinya. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan serta penelitian lapangan. Pada penelitian ini, penulis juga menggunakan ilmu ma’anil hadis dan perspektif ilmu psikologi sebagai pisau analisis terhadap penelitian tentang fenomena gaming disorder. Jika merujuk pada kehidupan modern saat ini, aktivitas kecanduan bermain game online bertolak belakang dengan perintah Nabi Saw untuk menghargai dan mensyukuri nikmat waktu dan sehat. Realitanya para gamers lebih sering menunda-nunda pekerjaan rumah, sekolah, bahkan ibadah demi menyelesaikan misi di dalam permainan. Tidak jarang para gamers juga sering melupakan waktu mandi dan makannya. Tentu hal ini berpotensi membahayakan kondisi fisik dan psikis. Agar fenomena ini tidak terus-menerus berlanjut, diperlukan solusi yang efektif baik itu melalui peran keluarga, sekolah, hingga pemerintah dengan pendekatan al-quran dan sunnah serta pendekatan psikologis. Kata Kunci: Gaming Disorder, Hadis, Psikologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSukiyat, -2010107001sukiyat@uin-suska.ac.id
Thesis advisorWilaela, -2002086801wilaela@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:07
Last Modified: 24 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83439

Actions (login required)

View Item View Item