Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN STRATEGI EMOTION FOCUSED COPING TERHADAP TINGKAT STRES ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II PEKANBARU

Nabila Silvia Sari, Nabila (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN STRATEGI EMOTION FOCUSED COPING TERHADAP TINGKAT STRES ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Stres tidak hanya terjadi pada Remaja saja namun stres juga terjadi di setiap fase kehidupan manusia mulai dari Bayi, Anak, Remaja, Dewasa dan Lansia. Stres inilah yang terjadi kepada anak binaan, Anak yang pernah berkonflik dengan hukum dan melakukan tindak pidana karena kejahatan ialah pengertian dari anak binaan (Andikpas), dari data survei awal hampir secara keseluruhan populasi anak dilapas mengalami stres mulai dari tingkat rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi. Sehingga Layanan Bimbingan Kelompok dengan strategi Emotion Focused Coping dibutuhkan untuk mengurangi tingkat stres pada anak binaan di LPKA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Emotion Focused Coping Terhadap Tingkat Stres Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 14 orang yang ditentukan menggunakan Purposive Sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif Quasi-Experimental Design dengan Desain penelitian yaitu The Non- Equivalent Design dan pengolahan data dibantu menggunakan SPSS (statistical Product and Service Solution) 25.0 for windows. Setelah data diperoleh, peneliti menggunakan Uji Paired Sample T test dengan hasil Signifikasi 0.005 untuk kelas Eksperimen dan 0.023 untuk Kelas Kontrol < 0.05, maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dilakukan (pretest) dan setelah dilakukan (posttest), maka hasilnya Ha diterima, H0 ditolak. Serta berdasarkan Uji Wilcoxon, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0.018, 0.028 < 0.05. Untuk kelas Eksperimen dan Kontrol, Maka Terdapat perbedaan rata- rata yang signifikan antara kelompok Eksperimen yang menggunakan bimbingan kelompok dengan strategi Emotion Focused Coping dan kelompok Kontrol yang menggunakan bimbingan kelompok konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Strategi Emotion Focused Coping Terhadap Tingkat Stres Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMiftahuddin, -2011057501miftahuddin@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Emotion Focused Coping, Stres, Anak Binaan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:40
Last Modified: 24 Jul 2024 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83405

Actions (login required)

View Item View Item