AL UUN, - (2024) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
AL UUN (2024): PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 RUMBIO JAYA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS berbasis model pembelajaran quantum learning pada materi lingkaran di SMPN 2 Rumbio Jaya memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah Research and development dengan menggunaan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rumbio Jaya. Objek penelitiannya adalah bahan ajar cetak LKS dengan basis model quantum learning pada materi lingkaran. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini membuktikan tingkat validitas produk pengembangan LKS dengan basis model quantum learning yang dihasilkan dikategorikan valid dengan nilai validasi terakhir dari ahli teknologi yaitu sebesar 97,50%, dan dari ahli materi mencapai 80,00%. Tingkat praktikalitas produk pengembangan LKS berbasis model pembelajaran quantum learning yang dikembangkan pada materi lingkaran di SMP Negeri 2 Rumbio Jaya adalah sangat praktis dengan nilai 82.97%. LKS dengan basis model quantum learning yang dikembangkan pada materi lingkaran di SMP Negeri 2 Rumbio Jaya tergolong efektif yang terbukti dari hasil belajar siswa pada materi lingkaran antara siswa yang menggunakan LKS berbasis model pembelajaran quantum learning mencapai 92,11 lebih tinggi jika dibandingkan kelas yang tidak menggunakan LKS berbasis model pembelajaran quantum learning hanya mencapai 80.00 dan terbukti dari nilai t hitung > t tabel (4,040> 2,10) yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi lingkaran antara siswa yang mepergunakan LKS dengan basis model quantum learning dengan siswa yang tidak menggunakan LKS dengan basis model quantum learning di SMP Negeri 2 Rumbio Jaya secara signifikan. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Problem Quantum learning, Lingkaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:21 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 03:21 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83355 |
Actions (login required)
View Item |