Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TUORNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

Zulfani Rizka Rahmadani, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TUORNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zulfani Rizka Rahmadani (2024): PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TUORNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Al-Fajar pada materi bumi dan tata surya. Metode dari penelitian ini adalah Quasi eksperimen atau eksperimen semu, dalam pelaksanaannya pembelajaran menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TGT sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Al-Fajar yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII B dan VII C dengan jumlah siswa masing-masing 20-25 siswa dalam satu kelas. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan bantuan program SPSS Statistics 27.0. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan hasil pretest pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis 26,83 dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 21,63 yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa awal termasuk dalam kategori rendah. Setelah diterapkan TGT pada kelas eksperimen diperoleh perbandingan nilai rata-rata postest sebesar 65,79 pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai postest 51,70. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil pretest dan postest pada siswa kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan dengan sesudahnya dan juga terdapat perbandingan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dengan demikian, dihasilkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam materi bumi dan tata surya pada siswa kelas VII di MTs Al-Fajar. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Bumi dan Tata Surya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIKI DIAN PERMANA, -2031038803,niki.dian.permana@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:37
Last Modified: 23 Jul 2024 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83334

Actions (login required)

View Item View Item