Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS (STREAM) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

RANUM REVINDA, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS (STREAM) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RANUM REVINDA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ranum Revinda, (2024) : Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, And Mathematics (STREAM) Pada Materi Hukum Dasar Kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kimia menggunakan Lectora Inspire dengan pendekatan STREAM dan mengetahui validitas serta praktikalitas dari media yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model DDR (Design Development Research) dengan tahap analisis, desain, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data ini yaitu hasil wawancara, angket uji validitas, uji praktikalitas, dan respon siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 82,10% (sangat valid), ahli media sebesar 70% (valid). Media pembelajaran Lectora Inspire berbasis STREAM layak untuk digunakan sebagai ahli praktikalitas sebesar 94,38% (sangat praktis) dan peserta didik sebesar 88,93% (sangat praktis). Berdasarkan hasil yang didapat dari validasi serta uji coba kelayakan terbatas yang telah dilakukan, maka media pembelajaran Lectora Inspire berbasis STREAM pada materi hukum dasar kimia layak untuk digunakan. Kata Kunci: Lectora Inspire, STREAM, Hukum Dasar Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSOFIYANITA, -2010107001sofiyanita10@gmail.com
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:53
Last Modified: 24 Jul 2024 05:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83313

Actions (login required)

View Item View Item