Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP ETIKA GURU DALAM BERINTERAKSI DENGAN SISWA, RELEVANSINYA DENGAN ADAB SISWA (TELA`AH KITAB TADZKIRATUSSAMI' WALMUTAKALLIMFII ADABIL `ALIM WAL-MUTA`ALLIM)

MITRA M. SAPUTRA, - (2024) KONSEP ETIKA GURU DALAM BERINTERAKSI DENGAN SISWA, RELEVANSINYA DENGAN ADAB SISWA (TELA`AH KITAB TADZKIRATUSSAMI' WALMUTAKALLIMFII ADABIL `ALIM WAL-MUTA`ALLIM). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS MITRA M. SAPUTRA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mitra M. Saputra, 2024 : Konsep Etika Guru dalam Berintekrasi dengan Siswa, Relevansinya terhadap Adab Siswa (Telaah kitab Tadzkiratus sami’ wal-mutakallim Fii Adabil `Alim Wal-Muta`allim) Permasalahan pokok pada pembahasan ini adalah bagaimana konsep etika guru dalam berintekrasi dengan siswa dan relevansinya terhadap adab siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep etika guru dalam berinteraksi dengan siswa perspektif Ibnu Jama’ah? 2) Bagaimana relevansi etika guru dengan adab siswa dalam kitab Tazdkiratus Sami’ Wal-Mutakallim Fii Adabil`alim Wal-Muta’allim? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis konsep etika guru dalam berinteraksi dengan siswa perspektif Ibnu Jama’ah. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis etika-etika guru perspektif Ibnu Jama`ah. Penelitian tesis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pandangan Ibn Jama’ah tentang etika guru dilatar belakangi adanya tuntutan pada zamannya yaitu kegiatan pendidikan sudah mengalami degradasi oleh sebab itu Ibn Jama’ah menawarkan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh seseorang yang akan menjadi guru. Kriteria guru bisa disimpulkan menjadi enam poin. Pertama, menjaga etika selama melaksanakan tugas pendidikan. Kedua, tidak menjadikan profesi guru sebagai usaha untuk menutupi kebutuhan ekonominya. Ketiga, mengetahui situasi social kemasyarakatan. Keempat, kasih sayang dan sabar. Kelima, adil dalam memperlakukan murid. Keenam, menolong dengan kemampuan yang dimilikinya. Kedua, dengan mengaplikasikan prilaku-prilaku luhur yang enam tersebut, maka interaksi antara guru dengan murid akan dapat berjalan dengan baik di dalam proses belajar-mengajar dan akan berimplikasi juga terhadap membaiknya prilaku atau adab siswa. Kata Kunci: Etika Guru, Adab Siswa, Ibnu Jama’ah

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHELMIATI2022027001helmiati@uin-suska.ac.id
Thesis advisorIDRIS2004057601idris@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:01
Last Modified: 23 Jul 2024 08:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83286

Actions (login required)

View Item View Item