WILDIA SAHIRA, - (2024) ANALISIS KESALAHAN PENGUCAPAN DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MADRASAH STANAWIYAH PONDOK PESANTREN SULAIMAN AL-FAUZAN BANGKINANG KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI WILDIA SAHIRA.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
Abstract
ABSTRAK Wildia Sahira, 2024 : Analisis Kesalahan Pengucapan Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Di Madrasah Stanawiyah Pondok Pesantren Sulaiman Al-Fauzan Bangkinang Kampar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan pengucapan dalam membaca teks Bahasa Arab di Madrasah Stanawiyah Pondok Pesantren Sulaiman Al-Fauzan Bangkinang Kampar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 111 siswa. Karena banyaknya populasi yang ada maka peneliti mengambil 25% dari populasi yang ada yaitu mengambil sempel sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan masalah dalam penelitian ini : 1. Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan pengucapan pada siswa Madrasah Stanawiyah Pondok Pesantren Sulaiman Al-Fauzan Bangkinang Kampar, 2. Untuk mengetahui penyebab kesalahan -kesalahan pengucapan pada siswa Madrasah Stanawiyah Pondok Pesantren Sulaiman Al-Fauzan Bangkinang Kampar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan pengucapan pada saat membaca teks bahasa arab dari faktor pengucapan perubahan bunyi. Diantaranya : perubahan bunyi huruf /خ/ menjadi /ح/, huruf /ص/ /ش/ /ث/ menjadi /س/, huruf /ض/ menjadi /د/, huruf /ع/ menjadi /ء/, huruf /ظ/ /ذ/ menjadi /ز/, huruf /ط/ menjadi /ت/, huruf /ق/ menjadi /ك/, huruf /غ/ menjadi /ء/, huruf /ب/ /ن/ menjadi /م/. Berdasarkan jumlah siswa yang paling banyak melakukan kesalahan pengucapan huruf berjumlah 23 dari 27 siswa yaitu terdapat pada pengucapan huruf (ض). Adapun penyebab kesalahan dalam makhraj yang ada, adalah sebagai berikut : 1) Pengaruh bahasa ibu atau bahasa pertama siswa, 2) Siswa sulit berkonsentrasi saat belajar, 3) Pembelajaran aktif kurang terdukung karena tidak adanya kegiatan pelatihan atau membantu siswa belajar membaca teks arab, 4) Terdapat perbedaan pengucapan huruf Arab dengan pengucapan huruf Indonesia karena adanya perbedaan bahasa Arab dan bahasa Indonesia, serta ciri-ciri bunyi bahasa Arab tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia, 5) Banyak huruf yang bunyinya mirip, 6) Kurangnya latihan membaca yang benar, 7) Kurangnya keinginan, aktivitas dan dorongan siswa, 8) Tidak diperbolehkan menggunakan Tajwid. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Aswhat, Maharah Qiro’ah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:04 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:48 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83282 |
Actions (login required)
View Item |