Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI ASPEK SELF CONFIDENCE SISWA SMP

RIKA MAHERA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI ASPEK SELF CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 RIKAA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 RIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung yang ditinjau dari aspek self confidence siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan factorial experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPT SMPN 1 Rumbio Jaya tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, lembar angket self confidence, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari aspek self confidence siswa UPT SMPN 1 Rumbio Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRENA REVITA, -2014019201rena.revita@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:08
Last Modified: 22 Jul 2024 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83270

Actions (login required)

View Item View Item