Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

BUDI DAYA KELAPA SAWIT RAKYAT DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA DI DESA KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

ULVY NURSUMARYANTI SOLEHAH, - (2024) BUDI DAYA KELAPA SAWIT RAKYAT DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA DI DESA KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELIITAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

ULVY NURSUMARYANTI SOLEHAH (2024) : BUDI DAYA KELAPA SAWIT RAKYAT DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA DI DESA KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR Desa Karya Indah merupakan salah satu desa penghasil kelapa sawit rakyat di Kecamatan Tapung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan teknik budi daya kelapa sawit rakyat di Desa Karya Indah, menganalisis faktor internal dan eksternal pengembangan budi daya kelapa sawit rakyat dan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kelapa sawit rakyat. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif dan kualitatif menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara secara langsung kepada petani. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling sebanyak 40 petani. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data identitas petani, teknik budi daya, faktor eksternal dan internal. Data tersebut diperoleh dari responden dengan menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil yang didapatkan yaitu 72,5% petani menggunakan Varietas Marihat dan pendapatan pada lahan mineral lebih tinggi dibandingkan lahan gambut sedangkan total nilai matriks internal faktor evaluation IFE dengan kekuatan petani memiliki lahan sendiri, kelemahan belum menggunakan pupuk sesuai anjuran dan total nilai matriks eksternal evaluation EFE dengan peluang mampu meningkatkan pendapatan petani, ancaman pencurian tandan buah segar (TBS). Posisi strategi pengembangan kelapa sawit rakyat di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar berada pada kuadran I dengan alternatif strategi agresif. Kata kunci : budi daya, kelapa sawit, strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiska Dian Oktari2017109101Riskadianoktari@uin-suska.ac.id
Thesis advisorPenti Suryani2007057803Pentisuryani@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:06
Last Modified: 23 Jul 2024 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83265

Actions (login required)

View Item View Item