Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN AGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI RUMAH TAHFIDZ AR-RAHMAN DESA PADANG TONGGA SUMATERA BARAT

NUR ASIAH, - (2024) PENGARUH BIMBINGAN AGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI RUMAH TAHFIDZ AR-RAHMAN DESA PADANG TONGGA SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ASIAH.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Asiah NIM : 12040227549 Program Studi : Bimbingan Konseling Islam Judul : Pengaruh Bimbingan Agama Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Rumah Tahfidz Ar-Rahman desa Padang Tongga Sumatera Barat. Pembentukan karakter sangatlah penting dilaksanakan dimulai dari usia anak-anak. Berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan, ditemukan minimnya karakter anak di Rumah Tahfidz Ar-Rahman Desa Padang Tongga, Sumatera Barat. Kurangnya pengetahuan agama dan minimnya disiplin dalam praktik keagamaan seperti shalat dan puasa, serta perilaku tidak jujur dan tidak sopan menunjukkan perlunya pembinaan karakter Islami yang lebih intensif. Rumah Tahfidz Ar-Rahman berperan kunci dalam pembentukan karakter Islami anak melalui bimbingan agama yang teratur dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan agama terhadap pembentukan karakter Islami anak di Rumah Tahfidz Ar-Rahman Desa Padang Tongga, Sumatera Barat. Penelitian ini melibatkan 41 responden yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup aspek-aspek penting dari bimbingan agama dan pembentukan karakter Islami. Berdasarkan uji-t, diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan agama dan pembentukan karakter Islami dengan hasil perhitungan uji-t sebesar 4,524, lebih besar dari t-tabel, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Analisis data menunjukkan bahwa bimbingan agama memberikan pengaruh sebesar 34,4% terhadap pembentukan karakter Islami anak, sementara 65,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan agama yang diberikan di Rumah Tahfidz Ar-Rahman memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter Islami anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan program bimbingan agama yang lebih efektif di masa depan. Kata Kunci : Bimbingan Agama, Pembentukan Karakter anak, Tahfidz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSILAWATI, -2002096901,silawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:15
Last Modified: 22 Jul 2024 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83238

Actions (login required)

View Item View Item