Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMBINASI MEDIA TANAM ORGANIK DANPEMBERIANZPT ALAMI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHANDAN KADAR PIGMEN MICROGREENS BUNGAMATAHARI (Helianthus annuus L.)

HAFZATUN NISSA, - (2024) KOMBINASI MEDIA TANAM ORGANIK DANPEMBERIANZPT ALAMI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHANDAN KADAR PIGMEN MICROGREENS BUNGAMATAHARI (Helianthus annuus L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

HAFZATUN NISSA (2024)KOMBINASI MEDIA TANAM ORGANIK DANPEMBERIANZPT ALAMI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHANDAN KADAR PIGMEN MICROGREENS BUNGAMATAHARI (Helianthus annuus L.) Microgreens merupakan sayuran segar yang kandungan nutrisinya lebihtinggi dibandingkan dengan sayuran dewasa dan mengandung klorofil sertakarotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Bunga matahari merupakansalahsatu tanaman yang dapat ditanam sebagai microgreens. Media tanamdanZPTyang digunakan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kadar pigmen padamicrogreens. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi, kombinasi media tanam organik dan ZPT alami terbaik dalam meningkatkan pertumbuhandan kadar pigmen microgreens bunga matahari. Penelitian ini dilaksanakanpadabulan Februari sampai Maret 2024 di Kos Fatimah, Jalan Mahasantri, PerumahanMustamindo 2, Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riaudan Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSuska Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, faktor pertama yaitu kombinasi media tanam organik yang terdiri dari: tanah, tanah+cocopeat, tanah + arang sekam dan tanah + serbuk gergaji, faktor kedua yaituZPTalami yang terdiri dari: air kelapa muda dan ekstrak tomat yang diulang sebanyak3 kali. Parameter pengamatan meliputi, persentase berkecambah, tinggi microgreens, jumlah daun, berat basah, kadar klorofil total dan kadar karotenoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tanah dengan pemberian ekstraktomat merupakan perlakuan terbaik, yaitu pada parameter kadar klorofil total dankadar karotenoid. Kombinasi media tanam organik terbaik adalah media tanah, yaitu pada parameter jumlah daun, kadar klorofil total dan kadar karotenoid. Danperlakuan ZPT alami terbaik adalah pemberian ekstrak tomat, yaitu padaparameter tinggi microgreens, jumlah daun, berat basah, kadar klorofil total dankadar karotenoid. Perlakuan terbaik adalah media tanah dengan pemberian ekstraktomat. Kata kunci: microgreens, bunga matahari, klorofil, karotenoid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovita Hera, -2015118601Novitahera@uin-suska.ac.id
Thesis advisorErvinaAryanti, -2019067501Ervinaaryanti@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:02
Last Modified: 22 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83224

Actions (login required)

View Item View Item