Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONCEPT

EKA LUTPIANA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EKA LUTPIANA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eka Lutpiana (2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemodelan Matematika Ditinjau Dari Self-Concept Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari self-concept. Penerapan pembelajaran Realistic mathematics education (RME) mampu meningkatkan kemampuan pemodelan matematika, sehingga rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa dapat teratasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 1 Kota Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemodelan matematika, lembar angket selfconcept, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang memiliki self-concept tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan selfconcept terhadap kemampuan pemodelan matematika. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari selfconcept di MTs Negeri 1 Pekanbaru. Kata kunci: Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemodelan Matematika, Self-concept.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGranita, -2018057204granitafc@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:40
Last Modified: 22 Jul 2024 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83216

Actions (login required)

View Item View Item