DENI RANGKUTI, - (2024) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS 4 PONDOK PESANTREN SYEKH MUHAMMAD BAQI BABUSSALAM BASILAM BARU ( MEDAN ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI DENI RANGKUTI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Deni Rangkuti (2024 :Efektifitas penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa arab bagi siswa kelas 4 pondok pesantren syekh muhammad baqi babussalam basilam baru ( medan ) Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eskperimen, yang terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan media gambar seri (X) dan keterampilan menulis (Y) di pondok pesantren syekh muhammad baqi babussalam basilam baru medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas 4 pondok pesantren syekh muhammad baqi babussalam basilam baru medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah penggunaan media gambar seri efektif terhadap keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas 4 pondok pesantren syekh muhammad baqi babussalam basilam baru medan?. Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa arab siswa, subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 (A) dan 4 (B) pondok pesantren syekh muhammad baqi tahun ajaran 2023\2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 pondok pesantren syekh muhammad baqi yang berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri efektif terhadap keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas 4 pondok pesantren syekh muhammad baqi babussalam basilam baru medan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,912 lebih besar dari ttabel 1,685 pada taraf signifikan 5% dan pada taraf 2,428 pada taraf signifikan 1%. Selain itu, kelas eksperimen yang menggunakan media gambar seri terhadap maharah kitabah pada pembelajaran bahasa arab memperoleh nilai 98% dengan kategori bagus sekali. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan hasil hipotesis tersebut dinyatakan bahwa penggunaan media gambar seri efektif terhadap maharah kitabah pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas X pondok pesantren syekh muhammad baqi babussalam basilam baru. Kata kunci: Efektivitas, Media Gambar Seri, Maharah Kitabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:59 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:13 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83213 |
Actions (login required)
View Item |