Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM TERHADAP HAK ANAK DISABILITAS YANG TIDAK SEKOLAH DI ROKAN HULU DITINJAU DARI PERDA KABUPATEN ROKAN HULU NO. 5 TAHUN 2021 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS

HALIM FERDANA, - (2024) TINJAUAN HUKUM TERHADAP HAK ANAK DISABILITAS YANG TIDAK SEKOLAH DI ROKAN HULU DITINJAU DARI PERDA KABUPATEN ROKAN HULU NO. 5 TAHUN 2021 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV-10.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan hukum terhadap anak disabilitas yang tidak sekolah, dengan fokus pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Rokan Hulu No. 5 Tahun 2021 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas. Melalui pendekatan analisis dokumen dan hukum normatif, penelitian ini mengeksplorasi ketentuan-ketentuan dalam Perda tersebut yang berkaitan dengan perlindungan dan pemberdayaan anak disabilitas yang tidak sekolah. Penelitian ini menyoroti pentingnya perlindungan hukum bagi anak disabilitas yang tidak mendapatkan akses pendidikan formal. Analisis terhadap Perda Kabupaten Rokan Hulu No. 5 Tahun 2021 mengidentifikasi upaya-upaya yang diatur dalam Perda untuk melindungi hak-hak anak disabilitas, termasuk hak atas pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam implementasi Perda tersebut dalam konteks nyata, terutama dalam hal menjamin akses pendidikan bagi anak disabilitas yang tidak sekolah. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang perlindungan hukum bagi anak disabilitas yang tidak sekolah, serta memberikan kontribusi dalam perumusan kebijakan dan implementasi program yang lebih efektif untuk memastikan hak-hak mereka terpenuhi. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menggali aspek-aspek hukum yang relevan, tetapi juga mengarah pada upaya-upaya nyata untuk meningkatkan kesejahteraan anak disabilitas dalam konteks pendidikan. Kata Kunci : tinjauan hukum, disabilitas, no. 5 tahun 2021, perlindungan dan pemberdayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKASTULANI2009096301kastulani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorIRFAN RIDHA2030088601irfanridha@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:20
Last Modified: 22 Jul 2024 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83208

Actions (login required)

View Item View Item