Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

HAURA FADILA ZAMRI, - (2024) ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Haura Fadila Zamri (2024) : Analisis Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Socio Scientific Issue pada Materi Larutan Penyangga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa, salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif. kemampuan berpikir kreatif siswa masih kurang dalam mengembangkan gagasannya karena masih mengikuti kata dari buku dan ponsel. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issue (SSI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL-SSI pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan one shot case study design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling , yaitu kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 34 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui instrumen tes essay dan observasi yang dianalisis untuk melihat profil tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil yang diperoleh indikator yang tertinggi yaitu indikator berpikir luwes dengan kategori baik persentase sebesar 79%, indikator berpikir rinci dengan kategori baik persentase sebesar 73,5%, berpikir lancar dengan kategori baik persentase sebesar 66,2%, dan berpikir orisinil dengan kategori cukup persentase sebesar 59,5%. Jadi, dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) berbasis Socioscientific Issue (SSI) dapat digunakan untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, PBL, SSI, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYuni Fatisa2023067501yuni.fatisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:26
Last Modified: 22 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83206

Actions (login required)

View Item View Item