Hantika Aulia, - (2024) Pengaruh Strategi Question Answer and Relationship (QAR) terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca dan Minat Baca Siswa Kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
ABSTRAK Hantika Aulia (2024): Pengaruh Strategi Question Answer and Relationship (QAR) terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca dan Minat Baca Siswa Kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana strategi pembelajaran Question Answer and Relationship (QAR), 2) bagaimana minat baca siswa kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim, 3) bagaimana kemampuan pemahaman membaca siswa kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim, 4) bagaimana pengaruh strategi Question Answer and Relationship (QAR) terhadapa pemahaman membaca siswa kelas Vdi MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru, 5) bagaimana pengaruh strategi Question Answer and Relationship (QAR) terhadap minat baca siswa kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru, dan 6) bagaimana pengaruh minat baca terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain factorial 2x2. Cara menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas Kontrol. Teknik analisis data yang digunakana dalah teknik analisis varian satu jalur dan dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) minat baca siswa kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim masih pada kategori rendah. Hal ini dapat dibuktikan bahwa 44 % siswa masih berada pada kategori rendah. 2) kemampuan pemahaman membaca siswa kelas V di MIS Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru masih pada kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan bahwa 41% siswa masih beradap pada kategori kemampuan pemhaman yang sedang. 3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman membaca siswa yang belajar menggunakan strategi QAR dengan yang belajar menggunakan strategi pembelajaran langsung. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 pada α = 0,05. 4) terdapat perbedaan minat baca siswa yang belajar menggunakan strategi QAR dengan yang belajar menggunakan strategi pembelajaran langsung. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0.0001 pada α = 0,05. 5) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman membaca pada kategori minat baca tinggi, sedang dan rendah yang belajar menggunakan strateg QAR dengan yang belajar menggunakan startegi pembelajaran langsung. Hal ini dapat dibukyikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 pada α = 0,05 Kata Kunci: Question Answer and Relationship, Pemahaman Membaca, Minat Baca
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:14 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83186 |
Actions (login required)
View Item |