Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI KECAMATAN KERITANG,KABUPATEN INDRAGIRI HILIR,PROVINSI RIAU

ASTO ANDI BOWO, - (2024) PELAKSANAAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI KECAMATAN KERITANG,KABUPATEN INDRAGIRI HILIR,PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dari penyuluh agamaIslamKantor Urusan Agama Kecamatan Keritang sebagai prima layanan umat yang hendaknya mampu menciptakan masyarakat yang religius. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui peran,metode dan materi dalam proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang di laksanakan oleh penyuluh agama Islam dalam pembinaan religiusitas masyarakat di Kecamatan Keritang. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan penyuluh agama IslamKantor Urusan Agama Kecamatan Keritang memberikan materi bimbingan akidah,materi bimbingan akhlak,materi bimbingan syariah guna memperdalam ajaran agama, membantu individu menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika, serta mengarahkan masyarakat pada praktik keagamaan yang benar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan di kecamatan keritang efektif dalam meningkatkan religiusitas masyarakat. Program bimbingan melalui metode pengajian mingguan,ceramah keagamaan,pelatihan keagamaan,diskusi kelompok masyarakat ini mampu memberikan kontribusi signifikan dalam pembinaan religiusitas,mengatasi permasalahan sosial,dan mendukung kesejahteraan emosional serta spiritual masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzni, -2010107003azni@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:47
Last Modified: 22 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83147

Actions (login required)

View Item View Item