Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA PEMINJAMAN SHOWCASE PADA UMKM (STUDI KASUS UMKM KELURAHAN AIR PUTIH KECAMATAN TUAH MADANI PEKANBARU)

MAULANA PUTRA PRATAMA, - (2024) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA PEMINJAMAN SHOWCASE PADA UMKM (STUDI KASUS UMKM KELURAHAN AIR PUTIH KECAMATAN TUAH MADANI PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi adanya pelaksanaan perjanjian kerjasama peminjaman showcase antara pihak pemilik showcase dan peminjam showcase yakni UMKM. Didalam perjanjian tersebut dilarang memasukkan produk lain selain produk pemilik showcase. Praktik dilapangan ternyata ada UMKM yang melanggar perjanjian yang telah disepakati diawal, tentunya hal tersebut dapat merugikkan salah satu pihak. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana praktik wanprestasi dalam perjanjian kerjasama peminjaman showcase pada UMKM di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap wanprestasi terhadap perjanjian kerjasama peminjaman showcase pada UMKM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik wanprestasi terhadap perjanjian kerjasama peminjaman showcase pada UMKM di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Muamalah terhadap wanprestasi dalam perjanjian kerjasama peminjaman showcase pada UMKM. Subjek dalam penelitian ini adalah UMKM yang melakukan peminjaman showcase dan objek dalam penelitian ini adalah praktik wanprestasi terhadap peminjaman showcase yang dilakukan oleh UMKM di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru Dalam memperoleh data, jenis penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini deskriptif analisis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang dengan menggunakkan teknik total sampling. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bentuk perjanjian yang disepakati diawal yakni pihak UMKM tidak dibenarkan memasukkan produk lain kedalam showcase dan harus memesan produk setiap minggu kepada pegawai pemilik showcase. Namun ada pihak UMKM yang melanggar perjanjian yang disepakati diawal dengan memasukkan produk lain kedalam showcase. Ditinjau menurut Fiqh Muamalah terhadap wanprestasi dalam perjanjian kerjasama peminjaman showcase tidak diperbolehkan karena telah melanggar perjanjian yang telah disepakati diawal dimana hal tersebut membuat batalnya suatu akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasmidin,, -2017086801kasmidinarabiy@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2024 07:40
Last Modified: 21 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83136

Actions (login required)

View Item View Item