AYU PIA NINGSIH, - (2024) PELAKSANAAN PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS CIKAMPAK LABUHANBATU SELATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI AYU PIA NINGSIH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ayu Pia Ningsih (2024) : Pelaksanaan Pelayanan BPJS Kesehatan Di Puskesmas Cikampak Labuhanbatu Selatan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Menurut Fiqih Siyasah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prioritas pelayanan yang tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik di Puskesmas Cikampak Labuhanbatu Selatan. Oleh karena itu masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Cikampak Labuhanbatu Selatan Berdasarkan UU No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik? (2) Bagaimana Ketepatan Waktu Pelaksaanaan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cikampak Labuhanbatu Selatan? (3) Bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Pelaksanaan Pelayanan BPJS Kesehatan Di Puskesmas Cikampak Labuhanbatu Selatan Berdasarkan Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik? Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah Staff Puskesmas Cikampak Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Pelayanan Puskesmas Cikampak. Informan dipenelitian ini yang dipilih adalah Kepala Puskesmas, Kepala tenaga administrasi/anggota dan 5 orang perwakilan dari pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan teknis analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yakni data yang telah didapat kemudian dijelaskan secara rinci dalam bentuk kata-kata tertulis. Hasil Penilian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan BPJS kesehatan yang harus dilakukan dengan cara sopan dan ramah, responsif dalam merespon pelanggan dengan cepat dan tanggap, adil tidak diskriminatif dalam arti tidak membedakan suku, ras, agama, golongan, gender, dan status ekonomi, serta partisipatif, akan tetapi yang terjadi dilapangan Pelaksanaan Pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Cikampak belum mendapatkan hasil pelayanan yang maksimal karena tekanan kerja yang tinggi serta situasi lingkungan kerja yang menyebabkan petugas kesehatan kurang sabar serta tidak ramah dalam melayani pasien. Ketepatan waktu pada puskesmas terdapat kendala yaitu terkendala jaringan internet atau komunikai yang dapat mengalami kesulitan dalam mengakses rekam medis elektronik, aplikasi kesehatan serta sumber daya lain yang diperlukan dalam pelayanan pasien. Tinjauan fiqh siyasah yang berkaitan dengan masalah ini adalah siyasah idariyah yang mana didapatkan hasil yang belum sesuai karena dalam pelayanan masih terkesan lambat sehingga belum sesuai dengan prinsip kesederhanaan dan kemudahan dalam siyasah idariyah. Kata Kunci : Pelayanan, BPJS, Fiqh Siyasah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah) | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2024 06:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2024 06:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83120 |
Actions (login required)
View Item |