Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FREKUENSI MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA USHULUDDIN UIN SUSKA RIAU (Studi Living Qur’an)

SITI SOFIA SUMA DWIYANTI, - (2024) FREKUENSI MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA USHULUDDIN UIN SUSKA RIAU (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh murottal Al-Qur‟an (variabel X) terhadap Kecerdasan emosional (Variabel Y). Tujuan penelitian yang kedua untuk mencari tau arah hubungan dan kekuatan arah hubungan pada variabel x dan y. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah dikarenakan banyaknya diantara mahasiswa yang cemas akan hal-hal tertentu, sehingga menyebabkan emosionalnya buruk. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah dengan mendengarkan murottal Al-Qur‟an dapat berpengaruh terhadap kecerdasan emosional pada mahasiswa Ushuluddin di UIN Suska Riau Pekanbaru 2). Bagaimana arah hubungan dan kekuatan arah hubungan pada variabel x dan y? Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Metode penelitin ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan kuisioner tertutup. Responden cukup menjawab pernyataan sesuai dengan jawaban yang telah disediakan. Adapun populasi pada penelitian ini sebanyak 1560 orang. Didapati Sampel pada penelitian ini sebanyak 318 sampel dengan menggunakan rumus slovin. Kuisioner pada penelitian ini terdiri dari 26 kuisioner, 13 kuisioner untuk variabel X dan 13 Kuisioner untuk variabel Y. Adapun hasil analisis pada penelitian ini dengan melihat signifikan hubungan dan kekuatan arah hubungannya. Adapun signifikansi korelasi pada penelitian ini didapati nilai signifikansinya sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05, maka dinyatakan berkorelasi, artinya terdapat pengaruh murottal Al-Qur‟an terhadap kecerdasan emosional. Adapun kekuatan arah hubungan pada variabel x dan y dinyatakan positif, artinya semakin sering mendengar murattal maka semakin meningkat pula kecerdasan emosionalya. Kekuatan arah hubungan pada uji korelasi dalam penelitian ini sebesar 0,656. Artinya kuat hubungan antara variabel murattal al-Qur‟an dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa Ushuluddin UIN Suska Riau. Kata Kunci : Pengaruh. Murattal al-Qur’an, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHIDAYATULLAH ISMAIL, -2017127904hidayatullah.ismail@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUSMAN, -2026017001usman@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2024 05:13
Last Modified: 21 Jul 2024 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83115

Actions (login required)

View Item View Item