Lasmi Kumala Dewi (2013) KEMAMPUAN GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013362PIPS-E.pdf Download (538kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini hanya terdiri dari 1 variabel, yaitu kemampuan guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Variabel inilah yang menjadi kajian permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan yang menjadi objek penelitiannya adalah kemampuan guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang guru mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel, sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa kualitatif yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kemampuan guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar secara keseluruhan dikategorikan “Maksimal” dengan persentase sebesar 76% yang berada pada rentang 61%-80%. Kemampuan guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar terlihat pada aspek-aspek sebagai berikut: Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa; guru membantu siswa mengembangkan konsep tentang materi pelajaran melalui tanya jawab; guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan; guru melibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran; guru mengatur suasana kelas yang bervariasi sesuai metode yang digunakan; guru menghubungkan materi pelajaran dengan peristiwa sehari-hari yang umumnya mudah diamati oleh siswa; guru memberikan penilaian pada setiap hasil kerja siswa; guru memberikan pujian pada siswa yang berprestasi; guru memberikan hadiah pada siswa yang berprestasi dan guru memberikan/mengadakan kuis di akhir proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:23 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 04:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8310 |
Actions (login required)
View Item |