Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN FRAKSI SERAT SILASE PAKAN KOMPLIT BERBAHAN LIMBAH TANAMAN PADI, JAGUNG DAN UBI KAYU DENGAN PENAMBAHAN INDIGOFERA DAN MOLASES

ZULPAN SAYUTI HASIBUAN, - (2024) KANDUNGAN FRAKSI SERAT SILASE PAKAN KOMPLIT BERBAHAN LIMBAH TANAMAN PADI, JAGUNG DAN UBI KAYU DENGAN PENAMBAHAN INDIGOFERA DAN MOLASES. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

KANDUNGAN FRAKSI SERAT SILASE PAKAN KOMPLIT BERBAHAN LIMBAH TANAMAN PADI, JAGUNG DAN UBI KAYU DENGAN PENAMBAHAN INDIGOFERA DAN MOLASES Zulpan Sayuti Hasibuan (11980112726) Di bawah bimbingan Jepri Juliantoni dan Triani Adelina INTISARI Kekurangan hijauan makanan ternak dapat diatasi dengan pemanfaatan limbah pertanian sebagai sumber bahan pakan. Salah satu alternatif penyediaan bahan pakan adalah limbah pertanian, semisal limbah tanaman padi, jagung, dan ubi kayu. Teknologi silase adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengawetkan hijauan pakan ternak dengan prinsip hijauan pakan ternak diperam dalam kondisi anaerob atau kedap udara sehingga dapat mempertahankan kualitas nutrisi pakan dalam waktu yang lama. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui komposisi kandungan fraksi serat ransum komplit limbah jagung, ubi kayu dan jerami padi yaitu Acid Detergent Fiber (ADF), Neutral Detergent Fiber (NDF), dan hemisesulosa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember tahun 2023 di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 3 (tiga) perlakuan dan 6 (enam) ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah sebagai berikut : P1 : Silase berbasis limbah jagung + indigofera; P2 : Silase berbasis limbah ubi kayu + indigofera; P3 : Silase berbasis limbah jerami padi + indigofera padi. Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu NDF, ADF dan hemiselulosa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan indigofera dan molasses pada silase limbah tanaman jagung, ubi kayu, dan padi memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap penurunan NDF (27,18%-34,18%), ADF (16,91%- 24,74%) dan penaikan hemiselulosa (8,02%16,57%). Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan indigofera dan molases pada silase limbah tanaman jagung, ubi kayu, dan jerami padi memberikan pengaruh terhadap kandungan fraksi serat silase limbah padi, jagung dan ubi kayu yang meliputi NDF, ADF dan Hemiselulosa. Kata Kunci: limbah jagung, jerami padi, ubi kayu, indigofera, molases, silase, fraksi serat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJepri Julianton, -2013079001eprijuliantoni@ymail.com
Thesis advisorTriani Adelina, -2022037601trianiadelina@yahoo.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jul 2024 02:44
Last Modified: 21 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83093

Actions (login required)

View Item View Item